BerandaBerita

Rakor Teknis Jabatan Fungsional Demi Meningkatkan Kompetensi dan Kinerja ASN

     PPID OPD BKD – Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo mengadakan Rapat Koordinasi Kepegawaian tentang Pengangkatan, Perpindahan dan Pemberhentian Jabatan Fungsional di Lingkungan Provinsi Gorontalo. Kegiatan selama 2 (dua) hari tersebut dilaksanakan pada hari Selasa 19 Februari sampai Rabu 20 Februari 2019, bertempat di Hotel Arthama Kota Makassar Sulawesi Selatan.

     Acara dimulai dengan sambutan dari ketua panitia dalam hal ini disampaikan oleh ibu Sri D. Matona, SSTP, M.Si, yang menyajikan statistik data kepegawaian baik tingkat Nasional maupun tingkat Provinsi, dan kecenderungan minat ASN khususnya ASN Provinsi Gorontalo yang dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini makin meningkat untuk beralih ke Jabatan Fungsional tertentu.

statisrtik2statisrtik

 

     Pada sesi Sambutan dan Pembukaan yang dibawakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, bapak DR. Ir. Darada, M.Si, beliau memaparkan akan 3 (tiga) hal mengenai kegiatan ini, yaitu :

1. Berkumpulnya perwakilan dari tiap OPD ( oleh sekretaris OPD maupun yang diwakilkan) pada kegiatan ini dalam rangka untuk memajukan kompetensi terkait pengetahuan Jabatan Fungsional Tertentu.

2. Untuk mengetahuai berapa kebutuhan Jabatan Fungsional yang dbutuhkan oleh tiap OPD.

3. Saling koordinasi antar OPD dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) terkait Jabatan Fungsional.

 

     Pada kesempatan yang sama pula, bapak Sekda menekankan bahwa semua ASN digaji berdasarkan atas Jabatan dan Kinerja. Adanya Tunjangan Jabatan dan Tunjangan Kinerja, tentunya setelah menunaikan hak dan kewajiban sebagai ASN.

Sekda

 

Comment (0) Hits: 40

PEMBERITAHUAN TES SKD CPNS PEMPROV 2018

WhatsApp Image 2018 10 26 at 08.57.06

 

#SiaranPers
Kepala BKD Provinsi Gorontalo
by : Kepala Bidang Mutasi dan Informasi ASN
==============================

#SobatBKD dan #PelamarCPNS

dengan hormat kami sampaikan bahwa terkait JADWAL Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pengadaan CPNS 2018 masih MENUNGGU penetapan Jadwal dari @sscnbkn .

dan kami sampaikan pula terkait informasi seputar #cpns2018 dilingkungan Pemprov Gorontalo dapat diakses melalui website : https://bkd.gorontaloprov.go.id

⚠⛔ hati hati modus penipuan dalam bentuk apapun. segera hubungi BKD Provinsi Gorontalo bila ada hal hal yang ingin dikonfirmasi.

Terima Kasih.

Comment (0) Hits: 3788

Penyelengaraan Try Out atau Simulasi pelaksanaan Ujian CAT (Computer Assisted Test) bagi Masyarakat Gorontalo

    Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Try Out atau Simulasi pelaksanaan Ujian CAT (Computer Assisted Test) bagi Masyarakat Gorontalo khususnya untuk para pelamar CPNS di lingkungan Pemeritah Provinsi Gorontalo. Simulasi ini ternyata mendapatkan respon yang sangat antusias dari Masyarakat Gorontalo, yang mendaftar untuk Try out sudah mencapai 1500 orang dan dibagi menjadi tiga sesi, yakni pelaksanaan sesi pertama yaitu pada Hari Jumat 21 September 2018 sebanyak 500 orang bertempat di Kantor UPT BKN Gorontalo. Untuk pelaksanaan sesi berikutnya beserta Jadwal akan segera di umumkan di website resmi BKD Provinsi Gorontalo.

b09013d3 26e4 4669 89dd 33da17cf9792

2f9f3289 dc16 4f47 8c21 4cadb08a987b

9777a325 7a2e 418c af99 5f1cf87d48fb
   “Pelaksanaan try out ini tujuannya memberikan pengetahuan pada Putra Putri Daerah, karena untuk pelaksanaan penerimaan CPNS untuk Pemerintah Provinsi Gorontalo baru pertama kali ini menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test)” terang Kabid Pengembangan ASN Sri Wahyuni D. Matona, Jumat (21/9/2018).
   Kemudian ditambahkan oleh Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan ASN Moh. Rian, S.STP, “bahwa pelaksanaan Try Out ini bisa menjadi Sarana untuk bisa melatih Para Pelamar CPNS nnti agar sudah terbiasa dengan Pelaksanaan Ujian CAT, dengan begitu membuat peluang Lulus dalam Ujian tersebut menjadi lebih besar”.
   Harapan dari Badan Kepegawaian Daerah kedepannya BKD Provinsi Gorontalo sudah bisa memiliki tempat Ujian CAT sendiri, agar tidak lagi menggunakan atau meminjam fasilitas Badan Kepegawaian Negara.

Comment (0) Hits: 2089

BKD Provinsi Gorontalo Mulai Petakan Kompetensi PNS

    Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Gorontalo mulai melakukan pemetaan terhadap kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungannya. Kompetensi itu dirangkum dalam Daftar Inventaris Level Individu Terhadap Organisasi (DILITO) yang selanjutnya dicantumkan dalam aplikasi online Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg).

    “Manfaat dari DILITO ini untuk memberikan informasi kepadai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur sejauh mana level kompetensi setiap pegawai. Jadi akan terihat, pegawai A tidak cocok dia di Dikpora tapi di Dinas Arsip misalnya,” terang Kabid Mutasi dan Informasi Pegawai Marto Biki, Senin (31/7/2018).

     DILITO dikembangkan Marto Biki sebagai bagian dari proyek perubahan (proper) Diklat PIM III yang sedang ia ikuti. Disamping itu, pogram ini juga sejalan dengan UU ASN No. 5 tahun 2014 dan PP no. 11 tahun 2017.

 

IMG 20180730 WA0002

 

    Pada regulasi tersebut disebutkan bahwa kompetensi pegawai dibagi menjadi tiga yakni kompetensi dasar, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural. Selanjutnya level kompetensi dinilai berdasarkan angka dari 15 hingga 50. Pengukurannya diramu dalam bentuk soal dengan sistem CAT (computer assiantance test).

    “Karena ini baru langkah awal maka level kompetensi baru sampai di angka 50 dari total 100. Jadi level 15-25 itu level pemula, 26-35 level pengembangan dan 36-50 level kompetensinya adalah pemantapan. Dengan adanya klasifikasi ini maka mudah bagi PPK untuk menilai apakah seorang PNS sudah layak dipromosikan ke level pengawas, administrator atau justru tetap sebagai pelaksana (staf)”, imbuhnya.

    Dua OPD menjadi pilot project pemetaan kompetensi ini yakni Dinas Dikbudpora dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Hasil pemetaan sudah diserahkan Kepala BKD Ridwan Yasin kepada Wakil Gubernur Idris Rahim, Rabu pekan lalu.

 

 

sumber : humas.gorontaloprov.go.id

Comment (0) Hits: 1959