BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

PROVINSI GORONTALO

Hadapi Pemilu 2024, Ketua KASN Ingin ASN Gorontalo Jaga Netralitas

19 Hari Lalu November 18 2022 Admin - BKD Provinsi

BKD - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI, Agus Pramusinto memberikan arahan terkait netralitas birokrasi dalam menyongsong Pemilu 2024.

Acara bertajuk 'Penguatan Peran Pemerintah Dalam Menjamin Netralitas ASN Mensukseskan Pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 itu diikuti oleh ASN se Provinsi Gorontalo itu dilakukan secara daring dan luring bertempat di GPCC, Kota Gorontalo, Jumat (18/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyoroti peran ASN yang hanya memiliki hak pilih tanpa ikut terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis.

“Sebagai bentuk komitmen kita bersama dalam memperkuat eksistensi netralitas ASN khususnya di Provinsi Gorontalo inilah kami berupaya untuk menghadirkan bapak Ketua KASN, sebagai pimpinan dari institusi yang memiliki otoritas dalam kaitannya dengan netralitas ASN. Arahan – arahan bapak akan menjadi arah teman – teman ASN untuk menghadapi pesta demokrasi 2024 mendatang,” ucap Hamka

Sementara, Ketua ASN RI Agus Pramusinto menyebutkan Gorontalo masuk daerah kerawanan netralitas pada kategori sedang. Sebab, pihaknya mendapati 12 kasus pelanggaran oleh ASN.

Agus juga berharap seluruh ASN di Provinsi Gorontalo untuk senantiasa menjaga netralitasnya dan tidak terlibat politik baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Paling banyak pelanggaran itu ada pada kampanye atau sosialisasi yang dilakukan melalui media sosial baik memposting, like, menshare postingan bakal calon. Contohnya di FB, instagram atau grup grup WA,” tutur Agus.

Narasumber lainnya yang dihadirkan adalah Komisioner Bawaslu Provinsi Gorontalo Lismawi Ibrahim, Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadlianto Koem. Acara ini turut dihadiri unsur Walikota Gorontalo, Forkopimda Provinsi Gorontalo, serta pimpinan OPD.