BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

PROVINSI GORONTALO

Dewan Pengurus Mantapkan Persiapan 17 Kafilah Menuju MTQ Korpri Nasional

40 Hari Lalu October 28 2022 Admin - BKD Provinsi

KORPRI - Dewan Pengurus Korpri Provinsi Gorontalo menggelar pelatihan atau Training Center (TC) bagi 17 Kafilah yang akan mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Tingkat Nasional tahun 2022. Pelaksanaan pelatihan berlangsung di Manna Cafe, Kota Gorontalo, Jumat (28/10/22).

Sekretaris Pengurus Korpri Provinsi Gorontalo Zukri Surotinojo mengatakan, tujuan pelatihan bagi peserta kafilah Provinsi Gorontalo salah satunya sebagai langkah DP Korpri untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas dari para peserta yang terbaik.

Menurut Zukri, tahun ini pelaksanaan MTQ Korpri nasional menjadi ajang MTQ Korpri yang terbesar dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah pesertanya cukup banyak dari tiap daerah seluruh Indonesia. Meski begitu, Zukri berharap dari setiap cabang yang diikuti peserta kafilah Gorontalo bisa mendapatkan prestasi.

"Persiapan dari 17 orang kafilah kita pada dasarnya sudah siap, untuk kebutuhan akomodasi dan transportasi sudah disiapkan oleh Pengurus Korpri. Dengan demikian maka dalam satu minggu kedepan ini kafilah secara mandiri bisa mempersiapkan diri", kata Zukri saat diwawancarai.

Hal senada juga disampaikan oleh anggota bidang Perhakiman LPTQ Provinsi Gorontalo Hasan T. Aja, bahwa Training Center bagi peserta kafilah sudah direncanakan sebelumnya, guna untuk meminimalisir kekurangan para peserta dan memantapkan persiapan menuju ajang Nasional.

"Memang kegiatan ini sudah rencanakan sejak Awal. Tujuan dari pelatihan atau training center ini untuk lebih mempermantap persiapan kita menuju ajang Nasional, karena ini MTQ ini tingkat Nasional jadi kita harus siap dengan segala medannya apakah ini persiapan mental fisiknya, Para peserta juga di minta untuk menjaga kesehatan", ujar Hasan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Mental Dewan Pengurus Korpri Provinsi Gorontalo, Sultan Kalupe menjelaskan ajang lomba MTQ Nasional disambut antusias oleh para peserta kabupaten/kota. Ia menjelaskan dari sebelumnya 42 orang yang diseleksi hanya ada 17 orang perwakilan dari masing-masing kabupaten/kota yang mengikuti sampai ke tingkat Nasional.

Adapun sumber dana untuk para peserta kafilah yang mengikuti lomba tersebut dibiayai dengan APBD Provinsi Gorontalo.

"Harapan saya dengan bantuan pendanaan yang cukup besar dan maksimal dari pemrov tentunya ini harus dibarengi dengan prestasi yaang lebih baik lagi dari teman-teman peserta", kata Sultan.

Ajang Lomba MTQ Korpri tingkat VI Nasional tahun 2022 Akan di laksanakan di Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 6-13 November 2022. Ada 7 cabang yang di lombakan yakni Tartil Quran, Tilawah, Tahfidzh/ Hifdzhil Qur'an, Khatam Al-Qur'an, Lomba Adzan, Lomba Khotbah dan Lomba Doa.

Untuk cabang Tahfidzh ada 3 golongan, yaitu golongan Hafalan Juz 30 atau Juzz Amma, Golongan Hafalan Surah Al-Baqarah dan Golongan Hafalan Surah Al-Imran dan AN-Nissa.

Penulis: DP Korpri Provinsi Gorontalo