BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH

PROVINSI GORONTALO

Bidang Mutasi dan Informasi ASN Sosialisasikan Pedoman untuk Persiapan Kenaikan Pangkat Periode April 2023

32 Hari Lalu November 05 2022 Admin - BKD Provinsi

BKD - Bidang Mutasi dan Informasi ASN BKD Provinsi Gorontalo menyambangi SMAN 1 Tilamuta Boalemo dan SMKN 1 Marisa Pohuwato dalam rangka sosialisasi Pedoman Teknis Pembinaan Jabatan Fungsional Guru.

Dalam arahannya Kepala Bidang Mutasi dan Informasi ASN, Sofyan Tambipi menyatakan bahwa kunjungannya ke sekolah adalah bentuk pelayanan kepegawaian serta mencari solusi dari permasalahan kepegawaian yang kerap dihadapi ASN.

"Kami sadar tidak akan mampu menjangkau bapak/ibu guru di sekolah-sekolah sehingga sosialisasi ini diharapkan dapat membantu bapak/ibu dalam menjawab segala pertanyaan dan mencari solusi kendala yang dihadapi terkait mutasi, kenaikan pangkat, pensiun, serta SimASN," jelas Sofyan, Kamis (3/11/2022).

Mengingat periode kenaikan pangkat periode April 2023 akan segera dibuka, Sofyan berharap, guru-guru yang akan naik pangkat, naik jenjang untuk segera mempersiapkan dokumen administrasinya. Jika akan naik pangkat pada periode April 2023 maka guru-guru diminta segera mengurus dan mengusulkan DUPAK agar PAK nya dapat terbit tepat waktu.

Selain itu, para guru yang akan beralih jenjang juga diminta mengurus SK Kenaikan Jabatan Fungsional dengan menyertakan PAK sebagai dasar serta dokumen pendukung lainnya.

"Guru-guru yang akan naik pangkat dan naik jenjang, segera diurus DUPAKnya karena itu yang menjadi dasar bapak/ibu guru bisa mengusulkan kenaikan pangkat dan jabatan," tuturnya.

Sementara itu, Guru SMAN 1 Tilamuta, Umar, berharap layanan kepegawaian terkait pengurusan DUPAK dapat dipermudah mengingat saat ini pelayanan pengurusan PAK masih manual belum terintegrasi dengan sistem aplikasi digital.

Jarak dari sekolah kami ke dinas ini lumayan jauh, kalau bisa saran kami melalui BKD agar Dinas dapat membuatkan aplikasi yang memudahkan guru-guru, apalagi bisa terintegrasi dengan LAH Siransija. Sehingga kami tidak membuat lagi secara manual,"

- Umar, S.Pd, M.Pd, Guru SMAN 1 Tilamuta -

Dalam sosialisasi tersebut juga muncul sejumlah pertanyaan terkait pengurusan pensiun pegawai hingga pengisian data pada repositori SimASN. Para guru-guru juga diminta aktif dalam memperbarui datanya pada SimASN dengan mengupload seluruh dokumen kepegawaian pada repositori. Pemenuhan data pada repositori nantinya akan menjadi dasar pelayanan kepegawaian di BKD Provinsi Gorontalo.